Artikel

Kamis, 28 Maret 2019 - 13:21 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Panduan Lengkap Email Marketing untuk Meningkatkan Konversi Penjualan Hingga 5%

Panduan Lengkap Email Marketing(Update 2019)

Pengertian Pemasaran Surat Elektronik

Apa itu Email Marketing?

Email marketing atau(pemasaran surat elektronik) adalah bentuk promosi komersial,menawarkan dan memberikan layanan atau jasa seperti produk,diskon atau trial terhadap pelanggan yang lebih tertarget. Email marketing juga sering disebut sebagai sumber peluang terbesar untuk meningkatkan konversi yang ingin di dapatkan karena lebih personal.

Di indonesia sendiri jenis pemasaran terbaik ini bisa di lakukan dengan software secara gratis dan berbayar. Sebelum memulai. Kami ingin memberi tahu fakta apa saja yang sering di dapatkan seorang dari email list yang sudah di lakukannya. Sudah mendapatkan email list dengan jumlah tidak sedikit sekitar 1000 pelanggan bahkan lebih, tapi Konversi penjualan yang mereka dapatkan tidak seperti apa yang di harapkan.

Apa masalahnya?

Itu karena mereka hanya fokus terhadap email list,open rate,clic thoug,bounce rate dan segment persona. Tanpa memikirkan apa yang di butuhkan mereka(pelanggan). Serius ini masalah yang paling sering terjadi!

Menurut penelitian yang di lakukan Campaign Monitor di tahun lalu email marketing mempunyai konversi 59% untuk ROI.

Di lihat dari berbagai industri yang sudah ada di internet. Dalam praktik kenyataanya, berikut beberapa faktor yang membuat seseorang gagal dalam melakukan pemasaran email. Pelanggan tidak peduli dengan apa yang anda tawarkan dengan berbagai iming-iming.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi,seperti:

  1. Kesadaran mereka belum mengetahui apa yang ingin mereka dapatkan dari anda.
  2. Mereka sudah terikat dengan bisnis anda tapi tidak tahu memanfaatkannya.
  3. Konversi aksi yang harus di lakukannya-Jawaban dari point sebelumnya.

Sebelum lanjut pastikan bahwa anda sudah mempunyai email list atau sudah melakukan list building. Jika belum lanjutkan karena kami mempunyai tips pro untuk anda yang ingin belajar pemasaran melalui email. Bahkan yang belum memiliki dan sudah mempunyai pelanggan untuk bisnis anda.

Tips Pro Pemasaran dengan Email

Karena industri kami berjenis konten mungkin benar lebih mudah dari pada produk atau software. Tapi lihat dengan menggunakan teknik ini anda bisa mendapatkan konversi penjualan konten tidak hanya 5% tapi hingga 17,4%.

Meningkat dari audit yang kami lakukan sebelumnya sekitar 7.1% dari opens rate 35%

Ada beberapa tips bukan hanya biasa, tapi pro untuk membantu meningkatkan konversi terhadap penjualan dengan menjawab pertanyaan dari setiap customer anda. Dari masalah di atas anda akan mendapatkan pertanyaan secara pasti.

  1. Mengapa pelanggan membutuhkan anda?
  2. Bagaimana mereka menyikapi bisnis anda?
  3. Aksi yang harus di lakukan pelanggan?

Pertanyaan dari ke tiga masalah tersebut sering di perbincangkan para ahli di luar sana terkait hal ini. Berikut ini jawaban dari ke 3 pertanyaan yang sering tanpa di sadari.

  • Buat konten informasional untuk mengetahui masalah mereka seperti artikel blog,panduan atau video dan trial(percobaan) yang berhubungan dengan industri anda. Tujuannya untuk pelanggan mengetahui apa yang ingin anda tawarkan.
  • Mereka sudah mengenal anda tapi masih ragu karena berbagai hal. Testimoni,support dan dukungan dari para influencer harus mempunyai reputasi baik. Tujuannya untuk di jadikan bahwa anda bisa di percaya.
  • Pelanggan sadar bahwa anda memang terbaik di kelasnya dan memang di butuhkannya.

Bagaimana kami bisa melakukan pancingan seseorang untuk menjadi pelanggan? Ada yang bisa anda lakukan agar bisa mendapatkan pelanggan untuk konversi dari berbagai aksi. Lead Magnet dengan memberikan sesuatu untuk mendapatkan kontak mereka.

Kenali setiap perbedaan Audience List

Pada umumnya ada 3 perbedaan mendasar dalam email marketing,terutama melakukan list building yang di inginkan seorang marketer.

Bagaimana cara membedakan setiap audience?

Ada 3 hal utama yang bisa anda lakukan:

  1. Membuat A/B test.
  2. Pahami tahap pengenalan,kesadaran dan konversi.
  3. Beri konten gratisan dan trial.

Dengan begitu anda bisa membuat buyer persona yang lebih efisien dan efektif. Karena mereka sadar kalau memang anda di butuhkan oleh pelanggan.

Audit segmentasi pasar yang berbeda

Setelah anda mempunyai email pelanggan. Anda harus memahami setiap intent yang ingin di dapatkan.

Sebagai contoh:

  • Pengenalan.
  • Pengikut loyal.
  • Pelanggan produk.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk memaksa seseorang memilih industri anda secara langsung atau tidak langsung.

Membuat Lead Magnet yang relavan untuk pelanggan

Apa saja lead magent yang dapat memaksa seseorang menggunakan produk dan layanan industri anda?

  • Panduan.
  • Webinar.
  • E-book gratis.
  • Kupon.
  • Diskon.
  • Kuis.

Secara tidak langsung orang akan memperhatikan dan mempertimbangkan penawaran yang di berikan terhadap mereka. Dengan catatan anda sudah bisa membuat bahwa mereka sadar.

Membuat Email List

Di sinilah para pakar terjebak.

Mereka cenderung menyamakan setiap list yang mereka buat tanpa memikirkan intent yang ingin pelanggan dapatkan.

Seharusnya dari ketiga masalah di atas anda bisa membedakan antara:

  1. Solusi permasalahan seseorang terkait dengan industri anda.
  2. Mereka sadar bahwa anda memang terbaik.
  3. Dan konversi tidak hanya semata-mata mendapatkan email dan kontak pelanggan.

Di sinilah pemula di bohongi. Tidak semua list itu tujuannya sama. Karena itu anda harus membuat buyer persona. Tujuannya bukan hanya mengincar open rate dan CTR tapi mengetahui apa yang mereka butuhkan. Kami bilang butuhkan artinya bahwa memang anda menjadi pilihan untuk pelanggan.

Belum lagi dengan adanya berbagai filter yang sering masuk ke folder spam email pelanggan. Sehingga mereka tidak peduli. Jumlah list bukan patok bahwa anda akan mendapatkan konversi tinggi. Karena mungkin segment persona berbeda dari berbagai pandangan pelanggan. Kalau anda belum punya email list pelanggan sama saja sedang membuat lubang besar tanpa tujuan.

Baca Juga  Strategi Peretasan Sistem

Hal ini pernah kami rasakan ketika pertama launching sebenarnya ada sekitar 2000 customer yang ingin menikmati konten di Ilmu blog. Kenyataannya mereka tidak kembali karena memang tidak peduli. Meski sebenarnya banyak yang mencari. Anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama dengan kami. Email pelanggan lebih penting dari pada follow sosial media,subscriber youtube atau pengikut personal. Dengan membuat email list anda bisa mengingatkan mereka jika lupa dengan industri anda.

Subjek memikat

Dalam memberikan subject saat melakukan pemasaran dengan email. Buatlah subject yang tampil apa adanya seperti:

  1. Penawaran
  2. Diskon
  3. Penjualan

Buat subjek yang tidak menipu pelanggan. Tujuannya agar mereka tidak kecewa dengan apa yang ingin anda harapkan. Dari contoh email marketing yang kami berikan tips pro di atas. Kami memberikan konten gratisan “Belajar SEO” bagi seseorang yang bahkan buta dengan optimasi mesin telusur. Konten dalam pemasaran email yang paling berpengaruh untuk seseorang memberikan aksi terhadap tawaran.

Konten untuk Email

Pada umumnya konten untuk pemasaran email ada beberapa hal yang sering di lakukan tapi di abaikan. Daftar,follow,subscribe atau download sepertinya membuat seseorang enggan untuk membuka email anda. Karena terlalu menakutkan dan sering di anggap tidak percaya.

Lalu bagaimana kami bisa melakukan konten yang memikat pelanggan:

  • Gambar memberikan nuansa kalau pemasaran email anda tidak kurus informasi.
  • Kata-kata: buat copywriting yang singkat tapi menjelaskan secara padat.
  • Tombol aksi sering mendapatkan konversi lebih tinggi.
  • Layout mobile friendely(di zaman sekarang orang lebih sering menggunakan smartphone yang mereka gunakan untuk membuka email)
  • Buat tampilan layout sederhana dan tidak merusak resolusi layar pengguna.

Waktu Pengiriman

Pada saat melakukan pengiriman email tidak hanya di lakukan sembarangan. Karena mungkin anda tidak mengenal audience,influencer atau kompetitor. Waktu pengiriman terbaik ada jam-jam tertentu.

Berikut beberapa rekomendasi dari kami:

  • Pagi hari.-Sebelum jam beraktivitas.
  • Jam makan siang.-Istirahat kerja atau pulang sekolah.
  • Jam makan malam.-waktu bersantai dan menikmati sore hari.

Sebenarnya bukan patokan waktu yang kami rekomendasikan. Karena setiap industri mempunyai audience yang mempunyai sifat berbeda-beda.

Tools untuk Email Marketing

Bagi anda seorang marketer pasti sudah tau kita tidak bisa mengirim email dalam waktu bersamaan jika list yang sudah kita punya di angka 100- lebih. Pasti membutuhkan waktu yang tidak singkat bisa sehari atau berminggu-minggu. Bahkan mungkin akan terkena filter spam email dari alogaritma setiap layanan email yang pelanggan gunakan.

Ada banyak tools sebenarnya yang bisa anda gunakan secara gratis dan berbayar untuk bisa melakukan email marketing. Software ini bisa anda gunakan secara mencoba-coba bahkan untuk tahap lanjutan dari setiap perusahaan.

Di antaranya:

  1. sendinblue.-Mengirim email 300/hari(gratis)
  2. mailchimp.-gratis sampai 2000 pelanggan. Jika lebih harus upgrade(berbayar).
  3. kirim email(lokal) produk orang indonesia.
  4. Icontac.
  5. Dan lain-lain.

Mailchimp

mailchimp email marketing tools gratisan.

Kalau anda seorang pemula yang bahkan belum mengenal email marketing. Kami merekomendasikan menggunakan mailchimp selain gratis anda juga bisa mencoba berbagai fitur yang di sediakan. Anda bisa membuat email list sampai 2000 pelanggan pertama secara gratis.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan mailchimp?

  • User friendly-Mudah di mengerti manusia.
  • Dapat terintegrasi dengan berbagai tools.
  • Kampanye landing page drag and drops.

Kalau ingin menghapus watermark atau mendapatkan fitur premium bisa dengan mengupgrade.

sendinblue

Review sendinblue email marketing tools.

Dengan sendinblue anda tidak hanya bisa mengandalkan email marketing tapi juga bisa via SMS dan membuat landing page untuk beriklan di facebook. Seperti yang kami bilang sebelumnya jika anda hanya ingin menggunakan gratisan. Anda hanya bisa mengandalkan pengiriman email 300/hari. Selain itu anda bisa mengupgrade fitur yang ingin di tambahkan seperti yang terlihat di gambar. Sesuaikan dengan kebutuhan anda saja. Jika sudah tidak muat bisa meningkatkan ke yang lebih baik fitur yang di sediakan juga.

Ingat ini hanya sekedar rekomendasi. Kalau pilihan itu tergantung dari anda sendiri!

Kirim Email

Ada yang menarik dari produk yang di luncurkan oleh website startup kirim.email Menurut kami secara pribadi belum ada yang mampu membuat tools dari orang indonesia sehebat ini. Fitur yang di sediakan pun tidak kalah dengan produk orang luar.

Seperti:

  1. Voucher.
  2. Integrasi dengan berbagai API tools lain.
  3. Email Automatic.
  4. Landing Page builder.
  5. Facebook lead.

1 Hal yang kami suka dari kirim.email anda bisa membuat landing page untuk beriklan di facebook tanpa harus memikirkan hosting dan domain. Bukan hanya itu saja konten dalam email untuk pelanggan juga perlu di perhatikan. Harga yang di tawarkan pun tidak kalah murah dengan produk luar.

Meski email mempunyai konversi yang tinggi jika mindset yang anda terapkan saja salah. Itu musthail akan anda dapatkan. Karena sukses bukan hanya sekedar uang. Belajar panduan lainnya untuk meningkatkan pengembangan diri anda dan penjualan

Download Best WordPress Themes Free Download
Download Nulled WordPress Themes
Download Best WordPress Themes Free Download
Download Best WordPress Themes Free Download
download udemy paid course for free
download coolpad firmware
Download WordPress Themes Free
free online course

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya
error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali